Sunday 2 March 2014

Contoh mengarang kegiatan sehari-hari bahasa inggris (my daily activity)


AKTIFITAS SEHARI-HARI SAYA

Nama saya adalah Sugiwibowo, saya adalah seorang pria yang berumur 24 tahun. Saya telah menikah dengan seorang wanita yang bernama Flora. Kami juga telah memiliki seorang anak perempuan yang pintar bernama Zahro. Keluarga kami adalah keluarga yang bahagia dan tentram. Aktifitas kami sebagai keluarga memiliki perbedaan aktifitas di setiap harinya, dan pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan kegiatan sehari-hari yang biasa Saya lakukan bersama keluarga. Berikut ceritanya:


Pagi hari
Sebagai seorang muslim, setiap pagi saya bangun pukul 04.30 pagi untuk melaksanakan kewajiban shalat fardlu subuh. Setelah itu biasanya saya akan membaca al-qur’an, berita online, atau olahraga ringan seperti jalan-jalan di sekitar lingkunganrumah saya. Kegiatan itu saya lakukan sampai pukul 06.00 pagi. Setelah itu saya bersiap-siap untuk pergi ke tempat kerja. Saya masuk kerja pukul 07.00 pagi. Biasanya saya pergi kerja menggunakan bus yang disediakan oleh perusahaan.
Di tempat kerja
Saya bekerja di salah satu perusahaan tambang granite di wilayah karimun. Tepatnya di PT Wira penta kencana yang letaknya di desa pongkar. Pekerjaan saya di perusahaan tersebut  adalah sebagai seorang mekanik maintenance. Sebagian besar pekerjaan yang biasa saya lakukan adalah memperbaiki kendaran-kendaraan produksi atau angkutan yang rusak atau melakukan perawatan pada bagian-bagian kendaraan. Jam kerja saya adalah dari pukul 07.00 pagi sampai pukul 15.00 sore. Tetapi apabila terdapat suatu pekerjaan yang sifatnya harus cepat selesai, maka saya akan diberikan kerja lembur oleh perusahaan.
Sore hari (selepas pulang kerja)
Setibanya saya dirumah dari tempat kerja saya, biasanya saya langsung mempersiapkan diri untuk shalat ashar. Apabila waktunya memungkinkan saya menyempatkan diri untuk shalat berjamaah di masjid, tetapi apabila tidak saya akan sholat di rumah. Selepas itu saya biasanya menghabiskan waktu sore untuk bermain-main atau mengajak anak saya untuk berjalan-jalan. Atau apabila kondisi badan saya tidak terlalu capek saya akan membersihkan halaman atau kebun belakang rumah. Kegiatan ini saya lakukan sampai pukul 05.00 atau pukul 05.30 sore.setelah itu saya mandi dan mempersiapkan diri untuk sholat berjamaah di masjid. Selepas shalat, saya makan malam bersama keluarga saya sambil menceritakan hal-hal apa saja yang telah di lalui hari ini. Selepas itu, apabila saya tidak ada jadwal kuliah saya pergi kembali ke masjid sambil menunggu datangnya waktu shalat isya. Selepas pulang shalat isya biasanya saya menonton televisi bersama keluarga atau membaca buku atau novel. Tetapi apabila saya ada jadwal kuliah, saya akan mempesiapkan diri untuk berangkat kuliah.
Malam hari
Apabila tidak ada jadwal kuliah, selesai menonton televisi saya masuk ke kamar untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah atau melihat berita online. Kegiatan ini saya lakukan sampai kira-kira pukul  10.00 malam. Setelah itu saya pergi tidur

Seperti itulah aktifitas yang biasa saya lakukan sehari-hari, dan aktifitas ini bukanlah aktifitas yang baku atau selalu terjadi seperti ini. Aktifitas saya akan berubah setiap harinya tergantung dari keadaan dan kondisi yang ada di sekitar saya.


 English mode:


MY DAILY ACTIVITIES

My name is Sugiwibowo, I was a 24 year-old men. I have been married to a woman named Flora. We've also had a daughter named Zahro. Our family is a happy family and surroundings. Our activity as a family has the distinction of activity in each day, and on this occasion I will tell my usual daily activities to do with my family. Here's the story:
The morning
As a muslim, every morning I woke up at 04 a.m. to carry out the obligation to pray Fajr fardlu. After that normally I would read the qur'an, online news, or gentle exercise such as walks around the neighborhood of my house. Activities that I do until 06.00 in the morning. After that I was getting ready to go to work. I got work at 07.00 am. I usually go to work using a bus provided by the company.
In the workplace
I work at one of the granite mining company in the region of karimun. In the PT Wira kencana that is located at the village pongkar. My work in the company is as a mechanic maintenance. Most of the work that I do is fix the vehicle production or transport damage or perform maintenance on the parts of the vehicle. My working hours are from 7: 00 a.m. until 15.00 pm. But if the work is to be finished soon, then I will be given overtime work by the company.
Afternoon (after home work)
Upon arrival I am home from my workplace, I usually directly prepare to pray ASR. When time allows I like to pray in Congregation in the mosque, but if not I will pray at home. After that I usually spend the afternoon messing or invited me to take a walk. Or if the condition of my body not too tired I will be cleaning the yard or the garden behind the House. These activities I do at 05.00 a.m. till 05.30 p.m. or after that I bathe and prepare for prayer in Congregation in the mosque. After the prayer, I had dinner with my family while telling what things have in going through these days. Later, when I have no schedule, I went back to the mosque while waiting for the arrival of the time for ' Isha '. After praying ' Isha ' come home I usually watch television with your family or read a book or novel. But when I am on a schedule, I'll prepare myself to leave for College.
The evening
If there is no schedule, finished watching television I went into the room to work on assignments in college or view online news. This activity I did until about 10: 00 pm. After that I went to bed

Such is the usual activities I do everyday, and this activity is not an activity that always happen like this. My activities will change daily depending on the circumstances and conditions that exist around me.